Senin, 24 Oktober 2011

Contoh Abstrak PTK

ABSTRAK
  
Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kontekstual Pada Kelas III SD Negeri xxx Tahun 2011/2012.

 Berdasarkan analisis tes formatif siswa pada kompetensi dasar menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan bulat pada semester I tahun pelajara 2011/2012 tampak bahwa banyak siswa yang kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut maka penulis terdorong untuk mengadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan Penelitian Tindakan Kelas yang penulis lakukan adalah untuk mengetahui seberapa besar penggunaan alat peraga “Garis Bilangan Tiga Dimensi” dapat meningkatkan motivasi siswa sebagai hasil dari perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Adapun pembelajaran yang digunakan adalah menggunakan alat peraga “Garis Bilangan Tiga Dimensi”. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap pertemuan dua jam pelajaran. Untuk mengukur siswa dalam penguasaan materi yang diberikan adalah tes formatif pada akhir setiap siklus. Penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada akhir setiap siklus. Penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dan peningkatan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar.
Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pada kondiwi awal, hasil siklus I, hasil siklus II dan  siklus III. Pada kondisi awal nilai rata-ratanya 53,63 dengan ketuntasan belajar 5% pada siklus I nilai rata-rataya 59,09 dengan ketuntasan 30%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya 72,72 dengan ketuntasan belajar 80%, siklus III nilai rata-ratanya 91,36 dengan ketuntasan belajar 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga “Garis Bilangan Tiga Dimensi” dapat meningkatkan motivasi belajar siswa untuk mengajarkan kompetensi dasar menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menentukan bilangan pada garis bilangan.


Mau dapat selengkapnya PTK diatas silahkan  SEDOT GAN

JANGAN LUPA SISIHKAN SEDIKIT REJEKI ANDA KE 0231274694 BNI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar