ABSTRAK
Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kontekstual Pada Kelas III SD Negeri xxx Tahun 2011/2012.
Adapun pembelajaran yang digunakan adalah menggunakan alat peraga “Garis Bilangan Tiga Dimensi”. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap pertemuan dua jam pelajaran. Untuk mengukur siswa dalam penguasaan materi yang diberikan adalah tes formatif pada akhir setiap siklus. Penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada akhir setiap siklus. Penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dan peningkatan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar.
Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pada kondiwi awal, hasil siklus I, hasil siklus II dan siklus III. Pada kondisi awal nilai rata-ratanya 53,63 dengan ketuntasan belajar 5% pada siklus I nilai rata-rataya 59,09 dengan ketuntasan 30%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya 72,72 dengan ketuntasan belajar 80%, siklus III nilai rata-ratanya 91,36 dengan ketuntasan belajar 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga “Garis Bilangan Tiga Dimensi” dapat meningkatkan motivasi belajar siswa untuk mengajarkan kompetensi dasar menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menentukan bilangan pada garis bilangan.Mau dapat selengkapnya PTK diatas silahkan SEDOT GAN
JANGAN LUPA SISIHKAN SEDIKIT REJEKI ANDA KE 0231274694 BNI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar