Selasa, 25 Oktober 2011

Buat PTK itu Gampang-Gampang Susah

PTK..;PTK...
kata yang kayaknya untuk saat saat ini begitu populer di lingkungan dunia pendidikan Indonesia khususnya bagi guru-guru SD dan TK,
Hampir tiap waktu terdengar para pahlawan pendidikan membicarakan hal tersebut
maklum aja sekarang adalah menjadi kewajiban bagi setiap pendidikan yang belum berstrata satu untuk melanjutkan studi agar berstrata satu, "biar kompetitif" kata orang - orang dinas pendidikan.
Tak pelak hal; ini menimbulkan semacam kecemasan dan kekhawatiran bagi sebagian besar guru-guru yang sudah berumur 45 tahun karena jelas bagi mereka kemampuan berpikir (kemauan untuk memikirkan hal-hal yang diluar kebiasaan mengajar mereka) sangat sedikit/rendah.
Hal ini bisa dimaklumi karena begitu banyak masalah dan hambatan yang akan mereka hadapi ketika mereka sudah merasa tua namun masih harus diwajibkan untuk sekolah lagi, sekolah lagi.
hari minggu yang biasanya bisa untuk libur malah disibukkan dengan kegiatan kuliah
Sore hari, yang biasanya menjadi untuk duduk-dudk santai dirumah juga harus disibukkan dengan tugas-tugas kuliah. apalagi tugas kuliah sekarang banyak berhubungan dengan komputer dan internet, suatu dunia yang masih sangat asing bagi kebanyakan guru-guru kita ditingkat SD dan TK.
Dan ketika memasuki akhir-akhir kuliah kesibukan luar biasa sangat dirasakan ketika harus membuat laporan penelitian tindakan kelas. Pekerjaan yang amat sangat menyita waktu, tenaga dan biaya. bagi sebagian besar guru-guru.
Tak jarang dan ini sangat sering terjadi demi mencapai target kelulusan mereka mengambil jalan pintas yakni dengan MEMBELI PTK (dalam artian mereka membayar orang untuk mengerjakan tugas pembuatan laporan PTK dari awal sampai akhir).
INi adalah real dan terjadi dimana-mana..jadi jangan \heran apabila setelah mereka menyelesaikan kuliah S1 mutu pendidikan sama aja atau bahkan malah lebih buruk daripada sebelum kuliah S1 pendidikan.
....
Lanjut ke tulisan berikutnya ...Nasib Dunia Pendidikan Indonesia dengan Adanya Kewajiban S1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar